Sharing is Caring

Cara mengobati Ayam sakit Cacingan secara tadisional

Cara mengobati ayam cacingan secara tradisional. Berternak ayam kampung menjadi hobby yang membuat ketagihan. Apalagi kalau setiap hari mendapatkan kesempatan panen telur ayam kampung yang terbukti bergizi tinggi. Telur Ayam hasil ternak sendiri selalu lebih baik dari telur ayam ras yang di jual dipasar. Karena ayam kampung yang saya pelihara makanannya terjamin dan tanpa bahan-bahan kimia.

Namun kadang keasyikan beternak ayam itu terganggu ketika kemudian ayam-ayam yang di pelihara terserang penyakit. Salah satunya adalah cacingan pada ayam. Cacing ayam  merupakan sejenis endoparasit yang sering menginfeksi ayam. Penyebabnya sangat banyak, (BACA: Penyebab ayam cacingan). Yang jelas, penyakit cacingan pada ayam ini menular. Karena cacing di tularkan melalui telur yang keluar dari feces ayam. Jika telur cacing itu termakan oleh ayam yang sehat, makan ayam yang sehat itu juga akan cacingan. Jadi, untuk mengobati satu ayam yang cacingan, ayam sekandang yang memiliki peluang untuk termakan telur cacing parasit ini harus diobati juga.


Cara mengobati penyakit cacingan pada ayam 

Secara umum ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengobati ayam yang cacingan. Yaitu dengan cara tradisional dan dengan cara memberi obat buatan pabrik. Karena saya beternak ayam secara tradisional, maka pilihan pertama adalah saya mengobati penyakit ayam cacingan ini dengan cara tradisional.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ambil daun pepaya secukupnya, lalu rajang kecil-kecil.
2. Campur dengan pakan ayam
3. Berikan setiap hari.

Selain bisa mengibati penyakit cacingan, daun pepaya juga bisa menambah nafsu makan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh ayam.

Selain dengan daun pepaya, banyak bahan alami lainnya yang bisa di gunakan untuk mengobai ayam secara tradisional. Antara lain:

Bawang putih
  • Caranya: bawang putih dihaluskan, lalu diberikan pada ayaam dipagi hari sebelum ayam di kasih makan. Berikan secara rutin sampai ayam terbebas dari penyakit cacingan.

Buah pinang
  • Caranya: ambil buah pinang yang masih muda, tumbuk sampai halus, berikan saat perut ayam kosong, yaitu di pagi hari sebelum ayam di beri makan. Terapi buah pinang ini sebenarnya yaang paling mapuh. Karena biasanya cacing akan keluar bersama kotoran tak lama setelah di beri konsumsi tumbukan buah pinang.

Air tembakau
  • Caranya: Rendam tembakau murni dengan air panas. Tunggu sampai airnya dingin, lalu minumkan pada ayan yang cacingan di pagi hari saa ayam belum di kasih makan. Efek air tembakau hampir sama ampuhnya dengan daun pinan. Cacing akan keluar bersama kotoran ayam tak lama setelah mengkonsumsi air tembakau.

Demikian tip cara mengobati ayam cacingan secara tradisional. Semoga bermanfaat.
Bagikan :
Loading...
Back To Top