Sharing is Caring

Cara memperbaiki Mesin Cuci Samsung yang airnya selalu terbuang sebelum sempat mencuci

Cara memperbaiki Mesin Cuci Samsung yang airnya selalu terbuang secara otomatis sebelum sempat mencuci. Beberaapa hari lalu, saya mengalami masalah ini. Mesin cuci samsung 1 tabung tipe Diamond Drum 8 kg yang baru berumum 1 tahun, tiba-tiba ngadat tak karuan. Setiap di gunakan, air akan terisi seperti seharusnya, dengan lancar tanpa masalah, tapi setelah itu air yang tertampung akan di buang secara otomatis, lalu muncul error 4E di layar. Setelah di lihat di buku manual mesin cuci samsung, ternyata error 4E artinya gangguan suplay air. 

Tapi setelah di cek,  tidak ada yang salah dengan air, bahkan tekanannya cukup besar. Karena sedang di pertengahan mencuci, dan baju sudahpun basa, sementara teknisi samsung sangat jauh dari jangkauan, akhirnya saya coba untuk mengutak-atik tombol di dashboard mesin. Semua jenis pencucian saya coba, bahkan hingga fitur cuci drum. tapi masalah tetap sama, begitu mencapai ketinggian tertentu, air di buang secara otomatis. karena tidak tahu harus bagaimana lagi, akhirnya saya putuskan untuk mencari solusi dengan bertanya pada google . Saya masukkan Keyword seperti judul di atas di kotak pencarian. Tapi tidak ada satupun hasil pencarian yang sesuai dengan kerusakana yang saya alami. Mungkin tidak ada pemilik mesin cuci samsung yang pernah mengalami masalah seperti yang saya alami, di mana air terbuang otomatis sebelum sempat mencuci.  


Akhirnya saya putuskan untuk membuka tutup belakang tabung dan melihat benda-benda di dalamnya. Dan setelah mengutak atik sendiri tanpa  kenal putus asa, saya menemukan titik permasalahnnya, yaitu selang putih (lihat tanda panah merah) penghubung tabung ke panel bocor. Kebocorannya sangat kecil, hanya seujung jarum. Tapi karena selang itu seharusnya vakum, maka kerusakan itupun terjadi.

Solusinya, saya menutup bocoran seujung jarum itu dengan isolasi anti air yang sangat kuat. Setelah kebocoran di tanggulangi, dan selang dipasang kembali, mesin cuci samsung 1 tabung tipe Diamond Drum 8 kg yang semula error 4E bisa bekerja dengan baik lagi. 

Ini adalah pengalaman pribadi. Jika ada pembaca yang meisn cucinya error dan membuang air secara otomatis sebelum sempat mencuci, maka  solusi tersebut di atas bisa di coba untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat untuk semua.. 
Bagikan :
Loading...
Back To Top