Sharing is Caring

Seni Blogging adalah antara Keindahan template dan Isi Posting

Seni Blogging adalah antara Keindahan template dan Isi Posting. Template dan entry blog adalah dua kunci yang sangat penting. Itu berdasarkan pengalaman saya selama berkecimpung di dunia blogging sejak tahun 2006. Penampilan blog adalah sangat penting begitu pula entry yang disuguhkan. Sebagai pengunjung, pembaca dan pencari infomasi dunia maya, sebenarnya saya lebih menekankan pada isi posting ketimbang penampilan templatenya. Tapi jika penampilan templatenya sederhana, memikat dan user friendly saya akan lebih kerasan sekali berkunjung di sana. Apalagi jika artikelnya sangat menarik. Kedua hal inilah yang sampai saat ini belum bisa saya kuasai. Sehingga hasilnya blog saya begitu sederhana dan apa adanya.. jauh dari kesan memikat. Tapi karena saya merasa puas dan senang… maka saya tidak perduli dengan kometar orang.
Jujur saya katakan, biarpun sudah lama berkecimpung di dunia blogging, hingga kini saya belum bisa membuat template sendiri. Template sederhana yang saya gunakan untuk blog ini merupakan hasil karya Herdiansyah Hamzah yang di tata ulang oleh admin Kamus Q. Dalam memilih template saya lebih mengutamakan kesederhaan, proposional, dan kemudahan navigasi. Bagi saya sebuah blog adalah seperti rumah. Jika saya sendiri saja kesulitan meninjau blog sendiri apalagi orang lain? Itu prinsipnya. Saya bukan seorang perfectionis tetapi saya suka segala sesuatu yang simetris. Saya akan merasa terganggu jika situs yang saya kunjungi lebar templatenya tidak sesuai dengan screen komputer saya. Seperti situs Kampungfiksi.com.
Saya sangat suka berkunjung dan membaca artikel-artikel di kampung fiksi tetapi karena laptop saya sangat kuno dengan resolusi yang juga kuno maka pasti tampilan page kampung fiksi tidak dapat masuk semuanya di screen laptop saya. Sehingga saya harus menarik scroll ke kiri atau kekanan jika harus melihat menu navigasi di sidebar. Memang sepeleh sih, apa coba susahnya manarik scroll ke kiri atau kekanan? Tidak ada susahnya bukan? Tapi bagi saya hal itu sungguh sangat menganggu. Tapi karena saya suka artikel di kampung fiksi… maka hal menganggu tersebut dapat sedikit di abaikan. Sambil tak henti-henti berdoa semoga admin kampungfiksi akan segera mengupdate templatenya dengan lebar tampilan yang pas dengan lebat screen laptop saya. (mb’ Ria… no offence ya…, cuma contoh doang..sorry).
Beda sekali saat harus singgah di www.jeplax.com, atau dloepiq.blogspot.com, saya suka sekali tampilan templatenya. Lebar dan penampilan template sangat user friendly meski postingannya ..ya begitulah… tetapi saya suka tampilan templatenya karena mirip sekali dengan template saya… he he he.
Sebenarnya mengedit template agar dapat tampil secara proporsional lebih mudah daripada menulis artikel. Tapi sebagian orang mungkin lebih suka menulis daripada susah-susah mengedit. Kan udah banyak sekali template yang sudah jadi di luaran. Tinggal dowload pasang.. dan beres… hanya saja terkadang tidak cukup sampai di situ saja… sebab pasti ada yang tidak kita sukai dari penampilan template tersebut. Intinya, kalau anda suka blogging sedikit banyak harus bisa mengedit template sendiri… Jangan hanya bisa nulis.. jadi seni bloggingnya nyampei. Bukankah akan menjadi nilai plus kalau templatenya indah, user friendly, isi postinganya juga keren… hebat kan??
Bagikan :
Loading...
Back To Top