Sharing is Caring

Cara memasang facebook coment di WordPress secara manual

Cara memasang facebook coment di WordPress secara manual. Memasang kotak komentar facebook di wordpress sebenarnya mudah-mudah susah. Ada banyak tutorial di internet yang telah menunjukan bagaimana cara memasang komentar fecebook di wordpress. Tapi setelah saya ikuti langkah-langkah yang mereka tunjukan satu per satu, hasil akhirnya tidak memuaskan. Bahkan ketika saya mencoba menggunakan plugi fb coment, kotak komentar yang harapkan tidak juga muncul. Bisa jadi error berasal dari diri saya sendiri. Tapi saya memang gagal total memasang kotak komentar. Dan terpaksa harus membuang keinginan untuk memasang kotak komentar facebook di blog wordpress yang saya miliki.
Ada banyak kendala yang mungkin kita temui jika kita memcoba memasang kotak komentar fb di blog wordpress.  Kendalanya biasanya ada 3, yaitu komentar FB tidak muncul seperti yang di harapkan, komentar FB muncul di blog tetapi secara umum, artinya tidak mewakili isi postingan. Dan yang ketiga, komentar fb muncul tetapi layout situs kita menjadi acak-acakan. 
Kendala-kendala seperti itu membuat para blogger yang menggunakan flatform wordpress malas untuk memasang komentar FB di situsnya. Hal yang sama juga saya alami. Tetapi setelah berusaha dengan sepenuh hati dengan berkali-kali gagal, akhirnya saya berhasil menemukan cara yang relatif sangat mudah untuk memasang fb coment di blog saya ini yaitu www.dtebu.com. Tidak percaya? Coba scroll cursor anda kebawah… da daaaa…🙂 ada kan fb comentnya?
Sebelum berhasil memasang kotak fb coment di situs saya, saya mencari tutorialnya di google search enngine. Dari hasil pencarian itu saya memilih 5 situs yang artikelnya saya kira akan mampu memenuhi kebutuhan saya. Diantaranya:
Saya mencoba satu persatu tutorial diatas. Tetapi tidak ada yang sesuai dengan keinginan saya. Setelah beberapa lama mengutak atik, akhirnya saya menemukan cara paling mudah dan sederhana untuk menambah kotak komentar facebook di halaman postingan saya. Caranya adalah sebagai beriku:
1. Masuk ke Aplikasi Facebook
2. Buat aplikasi facebook untuk mendapatkan Fb App ID yang anda dibutuhkan
3. Copy Fb app Id anda, lalu paste di bagian yang berwarna biru pada kode di bawah ini
<meta property=’fb:app_id’ content=’Letakkan APP ID Anda disini‘ />
4. Lalu copas kode diatas di header.php template anda tepat di bawah kode lalu klik update.
<head>
<meta charset=”<?php bloginfo( ‘charset’ ); ?>” />

<meta property=’fb:app_id’ content=’Letakkan APP ID Anda disini‘ />
5. Kemudian copas kode berikut ini dan letakan di coment.php template anda
<div id="fb-root"></div>
<fb:comments href="<?php the_permalink(); ?>" width="500"> </fb:comments>
6. Klik update template. Selesai

Untuk mengetahui apakah kotak komentar fb anda sudah muncul di blog, pergilah ke postingan anda dan lihat di bagian bawah. Berdasarkan pengalaman, kotak komentar fb ini akan muncul tepat di bawah kotak komentar wordpress. Untuk mengetahui setingannya sudah betul atau belum, coba tulis komentar lalu post kan. Check halaman facebook anda, jika di halama facebook anda komentar anda keluar di sertai dengan judul artikel yang baru saja anda komentari… artinya pemasangan kotak komentar fb anda berjaya. Jika tidak, maka saya tidak tahu lagi harus berbuat apa. Karena berdasarkan pengalaman, jika langkah-langkah diatas anda ikuti dengan seksama, maka seharusnya pemasangan komentar fb berhasil dengan sempurna. Selamat mencoba… dan semoga tidak kecewa B-)
Bagikan :
Loading...
Back To Top