Sharing is Caring

Cara membuat Kripik bayam yang renyah, gurih dan tahan lama

Cara membuat Kripik bayam yang renyah, gurih dan tahan lama. Bayam adalah tumbuhan yang bisa tumbuh susbur di mana saja. Saya sebut tumbuhan, karena bayam tidak perlu di tanam. Tumbuhan yang memiliki nama latin Amaranthus spp ini daunnya sangat populer sebagai sayuran yang murah, meriah dan bergizi tinggi. Menurut kebunQ, bayam aslinya berasal dari benua Amerika yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga sampai di Indonesia. Satu-satunya kelebihan daun bayaam yang sangat terkenal adalah memiliki kandungan zat besi yang tinggi.


Hampir semua orang suka sayur bayam. Yang tidak suka bayam sebagai sayuran, bisa juga mengkonsumsinya dalam bentuk lain. Misalnya dalam bentuk kripik bayam. 

Membuat kripik bayam memang tidak semudah membuat sayur bayam. Tapi cukup layak untuk di coba karena rasa kripik bayam tidak kalah sedap dengan kripik-kripik lainnya. Apalagi jika maampu membubuhinya dengan tepat. Karena jujur saja, kekuatan rasa dan kerenyahan kripik bayam tergantung pada adonan tepungnya. Jika mampu membuat adonan yang sedap, pasti kripik bayamnya juga sedap dan bikin ketagihan.

Berikut ini Tip dan Trik tutorial akan membagikan cara membuat kripik bayam yang renyah, gurih dan tahan lama step by step. Agar pembaca bisa mencoba mempraktekkannya di rumah.

Bahan-bahan:
  1. Daun bayam secukupnya. Sebaiknya menggunakan daun bayam yang hijau dan tebal dari varietas bayam potong bukan bayam cabut. Daun bayam potong biasanya daunnya lebih hijau dan lebih lebar. Jangan ambil daun yang terlalu lebar, ambil yang sedang-sedang saja, yang kira-kira muat saat di masukkan ke dalam penggorengan. 
  2. Tepung beras 250 gram
  3. Tepung tapioka (kanji) 50 gram
  4. Air 250 ml atau secukupnya
  5. Minyak goreng 1 liter atau secukupnya

Bumbu yang didihaluskan
  • Bawang putih 4 siung
  • Kunyit / kunir 1 ruas jari
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula sebagai penguat rasa secukupnya

Cara membuat membuat kripik bayam

1. Cuci bersih daun bayam lalu tiriskan.
2. Campur tepung beras dan tepung kanji, aduk hingga tercampur rata.
3. Masukan bumbu yang telah di haluskan, lalu siram dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata. Adonanyang di hasilkan teksturnya agaak encer taapi tidak encer betul)
4. Siapkan wajan berisi minyak, panaskan.
5. Satu persatu, ambil daun bayam, celupkan dalam adonan tepung lalu cemplungkan dalam minyak panas. Goreng hingga berwarna agak kecoklatan.
6. Lalu angkat dan tiriskan diatas kertas tissu dapur agar minyak teresap.
7. Setelah dingin simpan dalam toples yang terutup rapat.

Oh ya kalau ingin lebih gurih lagi, tambahkan kemiri 2 butir saat menghaluskan bumbu. Rasa kripik akan lebih gurih dan sedap. Hanya saja penambahan biji kemiri akan membuat kripik bayam tidak tahan renyah dan mudah mlempem.

Demikian tip dan trik membuat kripik bayam yang renyah, gurih dan tahan lama.
Semoga bermanfaat.
Bagikan :
Loading...
Back To Top