Sharing is Caring

Memperbaiki TV LED Samsung Mati Hidup sendiri.

Memperbaiki TV LED Samsung Mati Hidup sendiri. Setelah masalah mesin cuci tertanggulangi, muncul masalah baru. TV LED Samsung saya yang di beli 3 tahun yang lalu tiba-tiba bikin ulah. Ketika di hidupkan, biasa saja. Tidak ada masalah. Tapi 10 menit kemudian, mati sendiri. Lalu tidak sampai 1 menit hidup lagi. Lalu mati lagi, hidup lagi. Mati lagi.... begitu terus sepanjang hari. Tahu sendiri, betapa berisiknya. Karena Model TV LED Samsum milik saya mempunyai suara khas saat mati dan hidup.  

Untungnya, dulu pernah kerja di repair center LCD komputer. Dengan berbekal sedikit ilmu itu, saya coba membuka TV LED saya. Setidaknya ada 5 sekru yang harus di buka di bagian belakang. lalu dengan penuh kelembutan membuka casingnya. Saya teliti secara seksama, semua komponen terlihat sempurna, seperti tidak ada masalah. Dalam kondisi casing terbuka, TV saya hidupkan. Lancar jaya. Tanpa mati. lalu saya tutup lagi casingnya seperti semula. Namun saat di hidupkan lagi, hanya bisa bertahan 1 jam, lalu mati lagi.

Baca juga:


Saya coba pergi ke situs Samsung khusus Troubleshooting LED samsung. Tidak ada solusi. Saya coba search di google tentang kerusakan LED TV Samsung. Di salah satu forum, saya membaca tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada TV LED jika mengalami kerusakan serupa dengan gejala TV LED samsum milik saya.

Kemungkinan kerusakan yang terjadi jika TV LED Samsung mati hidup sendiri adalah:
  1. Kerusakan pada Regulator tegangan
  2. Kapasitor sudah aus
  3. Solderan kendor dan tidak terpatri dengan baik, biasa terjadi pada TV yang telah terpakai lebih dari 3 tahun.

Setelah melihat kemungkinan-kemungkinan itu dan berdasarkan pengecekan awal, saya lebih condong ke point 3. Yaitu penyebab TV LED samsung saya mati hidup sendiri karena solderannya retak. Karena tidak bisa menyolder sendiri, saya terpaksa memanggil tukang rerparasi TV kerumah. Saat melihat TV LED, tukang reparasi angkat tangan. Dia bilang tak pernah memperbaiki TV LED, bahkan dia tidak tahu cara membukanya. 



Saya bertanya untuk memastikan apakah si bapak bisa menyolder dengan baik. Beliau menjawab bisa. Saya minta tolong si bapak agar menyolderkan saja, sementara saya yang akan membuka casing LED. Si bapak setuju. Beliau mengamati cara saya membuka casing TV LED dengan seksama. Setelah terbuka, saya melepas PCB power suplay dan meminta si bapak menyolderkannya. Selesai menyolder, dengan inisiatif sendiri, si bapak mengembalikan PCB ke tempat semula dan menutup casing TV LED dengan rapi jali. 

Saatnya membuktikan kebenaran hipotesa. Begitu TV LED samsum di hidupkan, semua berjalan lancar. Tidak ada masalah. TV LED Samsung tetap hidup... setelah setengah jam, 1 jam, 2 jam... bahkan hingga hari ini.

Saran saya, jika TV LED samsung Anda mengalami hal serupa, jangan dulu di LEMBIRU, tapi cobalah penyelesaian saya di atas. Siapa tahu masalah sebenarnya, hanya perlu di solder ulang saja. Inilah pengalaman saya memperbaiki kerusakan TV LED Samsung yang mati hidup sendiri. Semoga bermanfaat.
Bagikan :
Loading...
Back To Top